Your Ad Here

:: LOWONGAN KERJA :: 2.11.06

Berita kerja Yogyakarta

Informasi karir kerja: berita kerja

Rabu, 01 November 2006, Yogyakarta (Kedaulatan Rakyat)
Pasca Lebaran Pencari AK1 Meningkat

WATES (KR)- Pasca Lebaran pencari kerja kembali memadati kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulonprogo untuk mencari kartu kuning (AK1). Bila dibandingkan hari-hari biasa, pasca Lebaran permintaan AK1 memang meningkat. Disamping permintaan AK1, pencari kerja juga banyak yang menanyakan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Sejak masuk kerja Senin kemarin kami sudah langsung melayani permintaan AK1. Senin kemarin kami telah mengeluarkan 26 lembar kartu kuning, dan Selasa hingga pukul 11.00 WIB sudah 22 lembar. Kalau hari-hari biasa hanya 10 hingga 15 lembar saja,” kata Pengantar Kerja Disnakertrans Kulonprogo, Suyanto Hidayat BE SIP, Selasa (31/10).

-------------------
Disamping permintaan kartu kuning, pencari kerja juga banyak yang menanyakan informasi lowongan pekerjaan yang ada. Bahkan sampai saat ini sudah ada 819 orang yang mengisi buku lowongan kerja untuk menanyakan informasi tersebut. Sedangkan pencari kerja dari Kulonprogo mulai Januari sampai 31 Oktober 2006 mencapai 4.071 orang.

Diterangkan Suyanto, saat ini di Disnakertrans memang sedang banyak lowongan kerja baik yang ke luar negeri ataupun dalam negeri. Paling banyak diminati pencari kerja adalah di Malaysia dan Batam. “Khusus Batam kami menunda keberangkatan karena ada 3-4 pabrik sedang terjadi penurunan produksi sehingga keberangkatan tenaga kerja ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mereka sebenarnya tinggal berangkat karena sudah menjalani tes,” katanya.

Sedangkan animo ke luar negeri atau bekerja formal yakni di pabrik banyak yang menginginkan ke Malaysia, biasanya bekerja di pabrik elektronik. Untuk pekerjaan informal (sebagai pembantu rumah tangga) biasanya di Taiwan, Hongkong, Singapura, dan Arab Saudi. Untuk kerja yang informal saat ini sudah tidak begitu banyak.

Sementara kesempatan kerja di dalam negeri yang banyak diminati adalah Batam, Tangerang, Bekasi, Jakarta, dan Karawang. Disamping bekerja di pabrik, ada pula lowongan kerja untuk keluarga di perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur. Kerja di perkebunan kelapa sawit ini kontrak kerjanya selama 5 tahun.

Lebih lanjut Suyanto juga menerangkan bahwa sekarang Disnakertrans ada program yang memberikan kemudahan bagi pencari kerja tidak mampu melalui ‘program peduli orang duafa’. “Dimana bagi yang ingin kerja ke luar negeri terutama Malaysia namun dari kalangan ekonomi lemah ataupun yatim piatu bisa mengikuti program ini, karena melalui program ini yang bersangkutan tidak dikenakan biaya. Biasanya mereka yang tidak diterima di Batam terutama yang dari ekonomi lemah akan langsung mengikuti program ini,” kata Suyanto.

Tenaga kerja dari Kulonprogo ataupun DIY pada umumnya, tambah Suyanto, banyak disukai di dalam ataupun di luar negeri. Sehingga permintaan setiap saat selalu ada. Hal ini dikarenakan tenaga kerja tidak banyak yang neko-neko dan tekun, sehingga membuat pihak pabrik senang. Data dari Januari sampai 30 Oktober 2006 tenaga kerja yang telah ditempatkan pada antar kerja antar negara (AKAN) sebanyak 1.223 orang, antar kerja antar daerah (AKAD) 1.355 orang, antar kerja lokal (AKL) 1.091 orang, dan penempatan tenaga kerja pemerintah (PTKP) 313 orang.

(Wid)-f

-------------------
Ikuti info lowongan kerja via email agar tidak ketinggalan,klik disini untuk bergabung.

Links to this post:

Create a Link

<< Home